Search in This Blog

Tuesday 12 June 2018

Tips Mengatasi Kode yang Hilang saat Notepad++ Error/Crash

Selamat datang dan Terima Kasih Telah berkunjung ke Blog ini..

Pada Kesempatan ini saya akan membagikan Sebuah TIPS untuk pengguna Notepad++. oke kita lansung saja ke Pembahasan Utama Kita.


Pernahkan anda Mengalami Error/Crash pada Notepad++ yang menyebabkan semua Kode yang anda sudah Tulis Hilang? filenya masih ada, tapi pada saat anda membukanya isinya Kosong.. Apa yang harus kita Lakukan saat mengalami hal seperti ini? apakah kita harus Menulis ulang Kode kita? Kalau Kodenya hanya terdiri dari Beberapa Ratus Baris sih tidak masalah, Tapi bagaimana jika Kode yang Hilang Terdiri dari Ribuan Baris, itu pasti sangat menyusahkan dan memakan banyak waktu, apalagi kalau kita harus menyelesaikan Program kita secepatnya.

Karna itu saya punya Solusi untuk masalah ini.



Notepad++  melakukan backup secara otomatis saat hal-hal seperti ini terjadi. yang jadi masalah adalah dimana kita bisa menemukan "File Backup" tersebut. jika kita mencoba mencarinya di Folder Notepad++ yang ada di "Program Files" kita tidak akan pernah bisa Menenukannya. itu karna "File Backup" tersebut berada pada Folder yang secara Default di Sembunyikan Oleh "System Operasi" khususnya "Windows" karna itu hal pertama yang harus kita lakukan adalah Menampilkan Semua "File Hidden". Kemudian ikuti langkah-langkah Berikut.

  1. Klik Local Disk(C:)
  2. Buka Folder User
  3. Buka Folder yang Namanya adalah ComputerName anda. Sebagai Contoh: ComputerName saya adalah "ACER".
  4. Buka Folder "AppData". Folder "AppData" adalah folder yang di sembunyikan karna itu semua "File Hidden" harus ditampilkan terlebih dahulu
  5. Buka Folder "Roaming"
  6. Buka Folder "Notepad++".
  7. Buka Folder "Backup", Kemudian cari file Backup yang Error tadi. disini Saya Ambil Contoh File "like_post_status.php@2018-03-17_125746".
  8. Langkah Terakhir adalah Buka File Backup tersebut, kemudian Copy semua Kode yang ada didalamnya dan Pastekan ke File yang Sebelumnya Error


Untuk Alamat Foldernya adalah C:/Users/ACER/AppData/Roaming/Notepad++/backup

dengan "ACER" adalah ComputerName saya.. silahkan ganti dengan ComputerName anda jika anda ingin Mencari File Backup tersebut secara Instan.


SIMPULAN
Notepad++ adalah sebuah Aplikasi "Text Editor" yang sangat Populer di kalangan Programmer, Khususnya Web Programmer, Disamping filenya Hanya Berukuran beberapa "MegaByte" Notepad++ juga memberikan berbagai Fitur yang Menarik seperti yang kita bahas sebelumnya yaitu Fitur Backup Otomatis saat Terjadi Kesalahan terhadap Aplikasi, jadi kita tidak perlu khawatir akan kehilangan Kode Program yang telah kita Tulis dengan susah payah..

Sekian Tips Kali ini, Nantikan Tips Selanjutnya . Semoga bermanfaat,

No comments:

Post a Comment

Help us by Click This Ads